www.gitaralfian.co.cc »

Jumat, 28 Maret 2008

PIANO

ASAL MULANYA …
Piano … disebut juga PIANOFORTE yang artinya Lembut - Keras,
Model tradisional pertama kali diciptakan pada tahun 1709. dengan nama “gravicembalo col pian e forte” dalam bahasa Italia (“harpsichord with soft and loud”). Yang kira-kira berarti Alat Musik Hapsichord (yang bisa dimainkan ) dengan lembut dan keras.
Prinsip kerja alat musik ini diambil dari prinsip kerja bilah kunci harpsichord and clavichord dikombinasikan dengan pemukul dan string dari alat musik “dulcimer”. Alat ini pertama kali diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori, seorang pembuat harpsichord dari Florence Italia.
Dia terkenal sebagai perintis pembuatan piano. Dua dari ciptaannya yang terkenal masih tersimpan sampai sekarang, Pertama di Metropolitan Museum of Art, New York 1720. Dan yang kedua buatan tahun 1726 tersimpan di museum Leipzig, Germany.

Perkembangan
Piano ciptaan Bartolomeo Cristofori ini pada tahun 1725 mulai disempurnakan oleh pembuat piano dari Freiberg Jerman.
Perkembangan inovasi pembuatan Piano yang paling significant dilakukan oleh orang Jerman lainnya yaitu Johan Andreas Stein dari Ausburg. Yang akhirnya menjadi fondasi dari Piano “Viennese”, Yang sering digunakan oleh MOZART dan komposer-komposer Jerman untuk menciptakan lagu-lagu klasik pada akhir abad 18 dam awal abad ke 19.

Beberapa pembuat Piano dari Jerman bermigrasi ke LONDON pada sekitar tahun 1760. Dan mereka mulai membentuk Sekolah di Inggris dibawah naungan John Broadwood dan yang lainnya. Yang membuat pembuatan piano menjadi lebih berkembang.

Di Negara Eropa lainnya yaitu di Perancis, Pabrik pembuatan Piano dirintis oleh Sebastien Erard pada tahun 1790 an. Dan mulai 1823 mulailah di ciptakan sistim Double action.

Mulai dari sini para pengrajin Piano dari beberapa Negara eropa terus berlomba untuk memperbaiki inovasi pembuatan piano ini baikdari konstruksi maupun design.

Jerman, Austria dan Amerika Serikat sampai saat ini sangat terkenal dengan pembuatan piano yang bermutu tinggi.
Salah satunya adalah perusahaan pembuatan Piano dari Jerman yang didirikan oleh Karl Bechstein. Dan Perusahaan Amerika yang bernama Steinway and Chickering.
Piano buatan Austria dari Bösendorfer adalah salah satu produksi yang juga dipujikan.

Pada awalnya piano, seperti juga alat musik pendahulunya Harpsichord dibuat hanya empat (atau paling banyak ) lima oktaf saja. Tetapi dalam perkembangannya Piano bisa dibuat sampai menjangkau suara selebar tujuh oktaf, melalui penciptaan – penciptaan struktur tertentu. Bahkan Bösendorfer sanggup menciptakan suara bass yang diperbesar sehingga bisa mencapai delapan oktaf..

Piano yang beredar saat ini pada umumnya di bagi menjadi tiga type :
FULL CONCERT GRAND PIANO (sekitar 2.79 m), BABY GRAND PIANO (dibawah 1.8 m) dan UPRIGHT PIANO

UPRIGHT Piano pada hakikatnya diciptakan untuk menyiasati ruang yang sempit. Karena struktur stringnya tidak dibangunh horizontal … tetapi Vertikal atau Diagonal keatas. Sehingga menghemat tempat.

PIANIS

Pada abad 18 dan 19 Biasanya para Pianis terkenal selalu memainkan komposisinya sendiri. Diantaranya : Mozart, Beethoven, Chopin, and Liszt.

Pianis Jerman Clara Schumann memainkan ciptaan dari suaminya Robert Schumann
Pada akhir abad 19 didominasi oleh Komponis dan Pianis Rusia Anton Rubinstein,
Pada awal abad 20. Para pianis terkenal mulai melakukan Tour terus menerus sampai ke Eropa Barat dan Amerika serikat.

Salah satu yang menonjol adalah Pianis berkebangsaan Polandia Ignace Paderewski, dan pasangan Polandia dan Amerika, Josef Hofmann dan Arthur Rubinstein.

Setelah itu pada masa Perang Dunia I dan II banyak bermunculan nama-nama terkenal yang sering melakukan Resital Concert ….
• Russian-American composer-performer Sergei Rachmaninov,
• Austrian-American Artur Schnabel,
• English Dame Myra Hess,
• German Walter Gieseking, and
• Brazilian Guiomar Novaes

Setelah perang dua ke II berakhir 1945, Pianis Russian pianists mulai muncul lagi dieropa dan Amerika … diantaranya adalah Emil Gilels and Sviatoslav Richter.

Diantara Resitalis-resitalis Abadi tercatat juga nama-nama
• Claudio Arrau dari Chile, seorang master yang mempunyai repertoire yang banyak;
• Rudolf Serkin, a Czech-born American seorang performer dan guru piano;
• Russian-American virtuoso Vladimir Horowitz;
• Spanish Alicia de Larrocha.

Pemain-pemain piano terkenal lain setelah perang dunia ke II adalah :
• Austrian-English Alfred Brendel, yang pendekatan sekolahnya menimbulkan kontroversi aestetika
• Canadian Glenn Gould, yang rekaman Bach nya memenangkan beberapa penghargaan
• Americans Van Cliburn and Murray Perahia;
• Russian-born Vladimir Ashkenazy, yang menjadi warga negara Iceland.