www.gitaralfian.co.cc »

Jumat, 28 Maret 2008

Belajar Bermain Piano

Apakah anda merasa ragu untuk belajar bermain piano? Padahal mungkin sebenarnya anda mempunyai bakat yang terpendam dan harus diasah untuk menjadi pianis, minimal dalam lingkungan keluarga besar anda. Apakah anda mulai tertarik untuk belajar bermain piano? Karena tentunya banyak keuntungan dari bisa memainkan alat musik yang bisa menjadi teman pada saat emosi sedang tidak bersahabat. Jika sedang sedih, senang, atau marah sekalipun, piano bisa menjadi tempat mencurahkan perasaan anda. Jika anda mengaku penggemar musik dan ingin memainkan alat musik. Jangan lagi merasa ragu, mulailah belajar bermain piano sejak sekarang. Belum terlambat berapa pun usia anda. Meluangkan waktu untuk memanjakan diri bersama piano dapat menjadi obat juga untuk penyakit hati.

Banyak orang mengatakan, jika mau belajar main piano sebaiknya dimulai dari musik klasik, baru kemudian berkembang ke aliran musik lain. Selain itu, belajarlah mengenal tulisan not-not balok yang digunakan sebagai kunci untuk melancarkan nada-nada pada piano.Belajar memainkan piano memang bisa dengan otodidak. Tapi alangkah baiknya jika anda mengikuti les atau kelompok belajar piano. Dengan begitu, anda akan lebih terlatih dan lebih mahir. Anda pun dapat menurunkan ilmu anda dalam bermain piano ini kepada orang-orang terdekat anda, misalnya anak anda. Sehingga kehadiran piano di rumah anda bukan hanya sekedar pajangan.

Latihan awal bisa anda mulai dengan belajar cara membaca not dan seimbangkan dengan jari dan tuts-tuts piano. Pelajari pula tempo, karena dalam bermusik, tempo itu sangat penting. Pada not-not balok juga perhatikan tanda untuk temponya. Dalam berlatih, untuk ketukan bisa menggunakan bantuan hentakan kaki anda. Kenyamanan duduk juga berpengaruh dalam belajar memainkan piano. Jadi, berusahalah untuk rileks. Tapi sebisa mungkin tegap supaya anda tidak merasa pegal. Mulailah memainkan lagu-lagu yang mudah, seperti twinkle-twinkle variasinya Mozart. Setelah satu demi satu lagu akrab dengan mata dan jari anda, bisa mulai mempelajari lagu-lagu lain yang tingkat kesulitannya semakin tinggi.

Ada beberapa pengarahan untuk anda yang ingin belajar main piano dan lebih menguasai dasar-dasarnya, yaitu:

1. READING.

Latihan ini adalah latihan dasar. Lebih ditujukan untuk anda yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Anda bisa mengetahui tentang key signature dan clef. Dengan melihat dan mengenal tanda-tanda tersebut, dengan sendirinya anda akan tahu kalau lagu yang akan anda mainkan ada di tangga nada yang mana. Ini akan sangat mempermudah anda dalam bermusik.

2. FINGERING.

Latihan untuk fingering ini ditujukan untuk pemain piano atau keyboard, agar posisi jari dan tangan anda berada pada posisi yang benar. Dalam latihan ini, yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan, jari, lengan dan bahu. Berguna juga agar bentuk jari-jari anda saat bermain piano ada dalam posisi sempurna. Sehingga pada saat bermain piano, jari-jari dan tangan anda tidak akan merasa cepat pegal. Pada saat latihan jari, bisa juga mencakup belajar tangga nada dan irama.

3. TOUCHING.

Dalam latihan touching, ada latihan mengutarakan, ungkapan dan ilmu dinamika. Latihan touching ditujukan supaya anda mengerti interprestasi dalam bermain musik. Jadi ketika anda bermain piano, tidak sekedar bermain musik, tapi musik itu harus keluar dari dalam hati. Sehingga anda bisa mengetahui kapan harus bermain dengan keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan, menyambung, putus-putus, atau dengan aksen yang tepat. Karena akan ada dinamika, perasaan dan ekspresi. Dengan kesemua itu, suara yang dihasilkan piano akan lebih terdengar dan terlihat maksimal.

4. RHYTHM dan TEMPO.

Latihan rhythm (ritme) dan tempo mencakup untuk semua instrumen. Baik sebagai pemain drum, bass, gitar, atau juga piano dan keyboard. Anda perlu mengetahui ketukan, rhythm dan tempo yang benar. Harus ada jiwa dan alur dalam bermusik. Mengumpamakan harus ada ‘nyawa’ dalam bermain musik. Penjiwaan membuat anda benar-benar tulus mencintai dan dapat menyatu dengan musik. Sehingga siapapun yang mendengar musik anda akan bisa ikut terbawa.

5. HARMONI.

Latihan harmoni ditujukan supaya anda bisa lebih kaya daam mengembangkan pola chords yang dipakai dalam sebuah lagu. Supaya anda bisa mengembangkan bunyi yang dihasilkan dari chords yang dimainkan. Dan juga untuk memperluas cara anda dalam konteks mengiringi penyanyi atau nyanyian anda sendiri. Karena dengan bermain dalam harmonisasi yang baik, maka akan tercipta pula nada-nada yang indah. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, anda bisa membuat aransemen yang enak didengar.

Untuk lebih memudahkan dan efektif, jika anda memiliki waktu dan budget lebih, belajar pianolah kepada ahlinya. Karena otodidak akan sedikit menghambat kemajuan dalam belajar piano. Kursus piano bisa dimulai kapan saja, jangan malu belajar karena usia. Selamat mencoba!