www.gitaralfian.co.cc »

Selasa, 25 Maret 2008

Penyanyi Wanita, Suara atau Penampilan Seksi?

Zaman sudah berubah. Bila dahulu modal seorang penyanyi adalah suara. Kini, suara saja tidak cukup khususnya untuk penyanyi perempuan. Penampilan seksi atau indah dipandang mata penonton dari seorang penyanyi menjadi hal mutlak. Di tengah persaingan keras para penyanyi dan industri hiburan, memiliki suara bagus dan ditunjang penampilan yang menarik (syukur kalau seksi) akan membuat seorang penyanyi perempuan bisa "dijual".

Begitulah kira-kira yang dilansir AP, baru-baru ini. Seorang penyanyi perempuan memiliki talenta yang mengagumkan, muda dengan suara yang sangat bagus, serta mampu menulis lagu. Tetapi, penyanyi itu tidak cantik, dada rata, dan berat badannya berlebih alias gemuk.

Berbicara tentang seorang bintang yang bercita-cita tinggi, eksekutif musik Jody Gerson masih merasakan situasi buruk akan hal itu. "Dia tidak pernah akan mendapat tanda-tanda itu, sekalipun dia menakjubkan," ujar Gerson mengomentari tersisihnya peserta American Idol ‘Melinda Doolittle’ baru-baru ini.

Keluarnya Melinda seolah-olah membuktikan bahwa industri musik saat ini mempertimbangkan unsur lain selain suara dan keterampilan menulis lagu dari seorang penyanyi perempuan. Ada hal lain yang menjadi faktor keberhasilan, yaitu daya tarik kelamin (sex appeal). Unsur itu menjadi bonus bagi seorang penyanyi perempuan. Sekalipun bonus, daya tarik itu menjadi sesuatu yang persyaratan.

Doolittle dan LaKisha Jones yang memiliki gigi tidak rapi (susunan gigi jarang) adalah kontestan American Idol yang paling memiliki talenta dari kontestan lainnya. Tetapi, keduanya tetap tereliminasi dari acara pencari bakat berdasarkan pilihan penonton itu.

Doolittle dan LaKisha Jones kalah bersaing dengan kontestan lain, Blake Lewis yang banyak mendapat dukungan dari penonton. Lewis mampu mempesona para remaja perempuan di Amerika Serikat (AS). Demikian halnya dengan kontestan lain, Jordin Spark yang berusia 17 tahun. Keduanya sama-sama mampu menarik perhatian penonton.

Penampilan Biasa

Ternyata, daya tarik dari penampilan tidak hanya berlaku di ajang kontes American Idol. Simak saja urutan penyanyi pada tangga lagu Top 40 Billboard. Di sana, bertengger penyanyi Avril Lavigne, Carrie Underwood yang memiliki daya tarik pada rambut pirangnya, penyanyi seksi dan tomboi Ciara, Gwen Stefani yang dikenal "fashionista" dan Shakira yang dikenal dengan goyang pinggulnya.

Dari jajaran penyanyi yang masuk sepuluh besar dalam Top 40 itu, hanya ada dua penyanyi yang mungkin tidak berpenampilan sempurna seperti penyanyi lain. Mereka adalah Pink yang masih tetap langsing dan menarik, serta peraih multiplatinum Grammy Award Kelly Clarkson. Clarkson merupakan pemenang kontestan American Idol yang terpilih melalui pemilihan yang demokratis.

Saat ditanya kepada pelaku bisnis musik Gretchen Wilson, apakah seorang penyanyi perempuan dengan penampilan biasa atau penyanyi yang memiliki daya tarik kelamin, yang akan mendapatkan kerja sama rekaman, secara cepat Wilson mengatakan bahwa musik tidak hanya sekedar musik. Unsur penampilan juga perlu. Pasalnya, musik terkait erat dengan pemasaran. Pastinya, unsur yang menarik perhatian orang yang akan dijual para pebisnis musik. "Benar, penampilan selalu menjadi bagian dari bisnis musik. Diana Ross berperan sebagai seorang model pada film ‘Mahogany’. Sepasang kaki yang dimiliki Tina Turner merupakan bagian dari daya tarik kelamin yang dimiilikinya," ujarnya.

Demikian juga dengan penyanyi Olivia Newton-Jon yang memiliki wajah ayu, serta Stevie Nicks yang mampu "mengayun" para remaja pria tidak hanya dengan gitarnya. Tetapi, ada penyanyi yang berpenampilan beda. Misalnya, Janis Joplin yang gemuk dengan mata yang membelak, dan Barbra Streisand yang memiliki hidung menonjol.

Kini, sangat sulit menemukan seorang penyanyi dengan ukuran tubuh lebih dari ukuran 6 dan tanpa penampilan seksi. Semuanya tampil di video dengan suguhan yang menarik panca indera. Mereka tidak hanya menyanyi dan tampil di video klip, tetapi juga menjadi wajah sampul majalah.

Penyanyi Lavigne yang pernah suatu kali mengejek penyanyi yang mau melepaskan bagian dari busana untuk kamera, kini tampil di bagian depan majalah tanpa penutup dada. Foto itu dipasang sebagai strategis, diletakkan sebagai banner majalah tersebut.

Pussycat Dolls

Keberadaan daya tarik secara fisik ini juga terasa pada pertunjukan populer Pussycat Dolls Present: The Search for the Next Doll. Untuk menemukan pemeran utama boneka pada pertunjukan itu, seorang perempuan menarik bernama Nicole Scherzinger, panel juri tidak berbicara kualitas. Sementara, beberapa kontestan memiliki karakter suara yang kuat, semua kontestasn berpenampilan rapi, nada suara bagus dan seksi. Tetapi penilaian para juri lebih fokus pada tarian dan hal-hal yang diinginkan para penonton.

Hal semacam ini juga berlaku pada kelompok penyanyi yang bertugas membawa lagu nasional atau nyanyian gereja. Bahkan untuk penyanyi yang digembor-gemborkan memiliki talenta yang bagus, seperti Alicia Keys, Corinne Bailey Rae dan Norah Jones.

Bagaimana tanggapan penyanyi Dolly Parton tentang faktor daya tarik (keseksian) pada seorang penyanyi? Parton yang memiliki tubuh montok ini menuturkan, adalah hal menyedihkan bila talenta menyanyi seseorang hanya dilihat dari penampilan fisik, dan indah dipandang mata. Tetapi, kenyataan seperti itulah yang terjadi di dunia musik. Padahal, talenta bernyanyi seseorang akan berkembang tanpa melihat seperti apa penampilan penyanyi itu.

Namun Gerson menambahkan, penampilan seorang artis menggambarkan keadaan masyarakat, yang selalu menilai penampilan artis. Itu juga menggambarkan, gaya orang masa kini menikmati musik. Musik tidak hanya indah di telinga, tetapi penyanyinya juga menarik dilihat. "Mereka harus tampak seksi dan panas di video," ujar eksekutif musik yang menemukan penyanyi Alicia Keys.

Saat ini, Gerson juga menjadi Wakil Presiden Divisi Kreatif untuk Amerika Serikat (AS) perusahaan rekaman EMI Music Publishing. Di masa penyanyi Aretha Franklin, menurutnya, masyarakat menikmati suara Aretha hanya melalui rekaman tanpa gambar (visual). Berbeda dengan saat ini, segala sesuatunya ditonton masyarakat. Gerson sependapat dengan Wilson tentang faktor pemasaran.

Dengan dana terbatas, perusahaan rekaman berusaha memaksimalkan penampilan artis, yang antara lain ditempuh melalui cara kerja sama dengan perusahaan pakaian, kontrak kosmetik, bermain di film layar lebar dan menjadi bintang iklan. "Berapa banyak dukungan yang dimiliki Beyonce? Apakah Anda pikir hal itu karena dia sangat mempunyai talenta atau karena dia cantik?," tanya Gerson.

Menurutnya, Beyonce adalah artis yang cantik dan bertalenta. Jadi, untuk menjadi penyanyi yang sukses di industri musik, cantik dan memiliki faktor adalah satu paket yang dibutuhkan dari seorang penyanyi. (nat)