www.gitaralfian.co.cc »

Rabu, 27 Agustus 2008

Materi 20


Posisi akor pada instrumen


Untuk instrumen gitar, letak posisi jari tangan kiri menekan senar pada fingerboard didalam kolom diantara frets. Sebagai contoh dengan menggunakan progresi akor pokok (tonika, subdominan, dan dominan) dari tangganada mayor seperti pada gambar berikut ini:


Photobucket


Photobucket


Photobucket


Untuk instrumen piano, pembelajaran dasar adalah dengan memainkan akor menggunakan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan bisa berfungsi memainkan melodi. Posisi-posisi akor untuk piano bisa dimainkan dengan metode akor pembalikan (inversi).


Sebuah akor dikatakan dalam posisi dasar (root position) apabila nada dasar (root/prime) terletak pada bass atau suara bawah. Akor ini dapat dibalik yaitu dengan meletakkan suara bawah satu oktaf ke atas. Apabila sebuah akor mengalami perubahan, dan nada ketiga (terts) menjadi bass atau suara bawah, maka akor tersebut dikatakan dalam posisi pembalikan pertama (1st Invertion). Jika nada kelima (kwint) yang menjadi bass atau suara bawah, maka akor tersebut dikatakan dalam posisi pembalikan kedua (2nd invertion). Seperti pada gambar dibawah ini :


Photobucket



akor dasar


Photobucket


Photobucket


Posisi akor pokok dasar pada tuts piano tampak seperti pada gambar berikut:


Photobucket



Photobucket


Berlatih memainkan lagu sederhana.


Photobucket