www.gitaralfian.co.cc »

Jumat, 29 Agustus 2008

Teknik Bernyanyi


F. Teknik Bernyanyi dalam Pagelaran

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pagelaran musik adalah sebagai berikut:


  1. Menentukan penyanyi

  2. Menentukan iringan

  3. Menentukan jadwal latihan

  4. Mempersiapkan kostum


Berkaitan dengan penampilan dalam membawakan lagu, hal-hal yang perlu dilatih dan diasah terus menerus adalah teknik vokal, sikap badan, dan pembawaan.


Teknik Vokal

Dalam menyanyikan sebuah karya lagu dengan baik , maka seorang penyanyi dituntut untuk dapat menguasai teknik vokal dengan baik. Teknik-teknik yang digunakan dalam penampilan musik vokal meliputi, Intonasi, artikulasi, pernafasan, dan frasering.


  • Intonasi.

Secara umum, intonasi diartikan sebagai lagu kalimat atau lagu suara seseorang ketika berbicara. Namun dalam musik, intonasi berarti ketepatan suatu nada (pitch). Sebagai seorang penyanyi harus mampu menyanyikan dengan intonasi yang tepat, baik untuk nada-nada tinggi maupun nada-nada rendah. Intonasi yang tepat dapat menghasilkan suara yang jernih, nyaring, serta enak didengar.

Agar mendapatkan bentuk intonasi yang baik, maka latihan pendengaran terhadap nada-nada perlu dilatih agar sensitif terhadap tinggi rendah nada. Selain itu, kontrol pernafasan turut menentukan intonasi yang baik.


Teknik-teknik melatih intonasi antara lain:


    • Melakukan latihan dengan tangganada, dimulai dari tangganada natural.

    • Mencoba lagu-lagu yang sesuai dengan tahapan-tahapan latihan yang sedang dilakukan.

    • Melatih lagu-lagu tersebut dengan tempo yang bervariasi.

    • Berlatih tebak nada menggunakan interval dekat hingga interval jauh.

    • Berlatih menggunakan tangganada beserta modulasi yang digunakan.


  • Pernafasan

Telah diketahui bahwa kontrol pernafasan yang baik dapat membantu dalam mencapai nada-nada tinggi maupun rendah dengan optimal. Ada tiga jenis jenis pernafasan yang digunakan dalam teknik vokal yaitu pernafasan perut, pernafasan dada, dan pernafasan diafragma.


      • Pernafasan perut


Dalam pernafasan perut, bagian tubuh yang mengembang adalah perut. Jenis pernafasan ini dapat menghasilkan suara yang sangat keras, tetapi tidak begitu baik digunakan dalam bernyanyi.



      • Pernafasan dada

Bagian yang mengembang dalam pernafasan ini adalah dada. Fungsi dari pernafasan dada adalah dapat menghasilkan nada-nada rendah. Namun kelemahannya adalah mudah kehabisan nafas.



      • Pernafasan diafragma

Teknik yang dilakukan adalah dengan cara menekan diafragma yang melintang antara rongga dada dan rongga perut sehingga posisi menjadi datar. Dalam keadaan seperti ini, posisi rongga dada membesar dan berakibat udara dengan leluasa akan mengisi paru-paru sebanyak-banyaknya. Teknik ini sangat membantu dalam bernyanyi dan tidak menggangu bagian leher, bahu, dan dada sehingga fungsi organ-organ yang lain dapat optimal. Pernafasan ini akan menghasilkan suara murni dengan nafas yang panjang. Jenis pernafasan ini sangat sesuai digunakan dalam bernyanyi.


  • Artikulasi

Artikulasi merupakan cara pengucapan kata-kata dalam menyanyi sehingga mampu menciptakan dan membentuk suara dengan kata-kata yang jelas, nyaring merdu, bahkan suara yang dihasilkan akan menjadi indah.

Kemampuan artikulasi yang baik dapat dicapai dengan berlatih terus menerus. Latihan dimulai dengan berlatih pelafalan huruf-huruf vokal, yaitu a, i, u, e, o dengan jelas. Untuk menghasilkan bunyi vokal yang baik, hal-hal yang eprlu diperhatikan adalah sebagai berikut.


    • Mulut dibuka lebar, kira-kira selebar tiga jari yang tersusun secara vertikal.

    • Rahang diturunkan serendah mungkin ketika membuka mulut.

    • Gigi seri atas tertutup setengah bagian oleh bibir atas.

    • Bibir bawah menekan gigi seri bawah.

    • Aliran udara dialirkan kelangit-langit rongga mulut.

    • Lidah tidak terlalu ditarik kebelakang untuk menghindari suara kerongkongan.

    • Bibir tidak terlalu melebar kesamping.


  • Frasering

Dalam menyanyikan sebuah karya lagu, pemenggalan-pemenggalan kalimat harus sesuai dengan bentuk karya dan pesan yang disampaikan dari teks lagu. Bentuk pemenggalan-pemenggalan kalimat ini disebut sebagai frasering. Dengan teknik yang telah disebutkan diatas, maka alangkah lebih baik jika lagu jelas terlihat dalam frasering nya, terutama pada letak koma dan titiknya.


Sikap Badan

Selain teknik-teknik vokal yang digunakan, sikap badan yang baik juga akan membantu dalam menghasilkan suara yang jernih. Disamping membantu pernafasan, dalam pagelaran musik, sikap badan yang baik juga akan mengundang perhatian penonton untuk mendengarkan dan memperhatikan lagu yang dinyanyikan.


Dalam hal ini sikap badan yang baik adalah sebagai berikut:


    • Usahakan badan selalu tegak, baik ketika berdiri maupun duduk.

    • Badan rileks tidak tegang.

    • Bila berdiri, kaki sedikit dibuka, kepala tidak menunduk.

    • Bila duduk, posisi duduk tidak membungkuk atau condong kebelakang .


Interpretasi (Pembawaan Lagu)


Seorang penyanyi yang baik hendaknya menampilkan luapan perasaan pencipta lagu yang dinyanyikan. Dalam hal ini, seorang penyanyi dituntut agar dapat menterjemahkan maksud dan isi yang terkandung dalam lagu dengan bentuk penterjemahan sesuai yang diharapkan oleh komposer.

Seorang penyanyi hendaknya bisa mampu meleburkan perasaannya kedalam lagu yang dibawakan. Dengan demikian, luapan perasaan dari komposer yang menciptakan lagu tersebut dapat dirasakan juga oleh seorang penyanyi.dan akhirnya dapat membawakan lagu tersebut dengan baik.

Labih jauhnya, kemampuan penyanyi dalam menginterpretasikan lagu akan menghantarkan para pendengarnya untuk turut merasakan perasaan dan keindahan lagu yang dibawakan. Bila hal ini tercapai, misi seorang penyanyi untuk menghibur sekaligus menyampaikan pesan melalui lagu dapat dikatakan sudah berhasil dengan baik.


LEMBAR KEGIATAN SISWA

Nyanyikanlah lagu berikut ini sesuai dengan teknik-teknik dan posisi yang sudah dipelajari beserta dengan bentuk interpretasi yang baik!



Photobucket

Photobucket




~ * ~