www.gitaralfian.co.cc »

Rabu, 27 Agustus 2008

Materi 2

Musik sebagai sarana adat istiadat, pengiring tari, pemujaan dan pertunjukkan tidak lepas dari kontak budaya Nusantara. Musik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Musik yang berkembang di Nusantara antara lain :


A. Musik Gambus :


Musik ini berhubungan erat dengan ajaran agama Islam. Gambus sendiri merupakan bentuk dari alat musik sejenis gitar dengan wadah gema yang cembung, memakai tujuh dawai yang ditata secara rangkap seperti Mandoline.


Musik gambus pada umumnya terdiri atas pemain vokal. Lagu-lagu yang dibawakan pada umumnya bertema keagamaan dan persoalan cinta. Alat yang digunakan pada musik gambus terdiri dari Gambus, Rebana, dan Biola.


B. Orkes Melayu :


Musik ini merupakan bentuk dari lagu-lagu melayu asli dan merupakan cikal bakal dari musik melayu yang saat ini dikenal dengan sebutan musik dangdut. Instrumen yang digunakan adalah Akordeon, Gendang melayu/Tabla dan gong kecil.


C. Musik Minang :



Photobucket

Alat musik dari daerah Sumatera Barat ini yang terkenal yaitu Talempong. Talempong adalah alat musik sejenis bonang dari logam perunggu atau besi berbentuk bundar dengan pencu di bagian tengahnya. Alat musik yang digunakan selain Talempong terdiri dari alat musik tiup ( Serunai, Puput Tanduk, Suliang dan rebana), alat musik perkusi ( gendang besar, ketipung, rebana, gendang sendang, Talempoing dan Gong), Alat musik barat (gitar, biola, dan terompet).


Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tari piring yang khas, tari pasambahan, tari gelombang,dll. Talempong digunakan untuk menyambut tamu istimewa. Talempong ini memainkanya butuh kejelian dimulai dengan tangga pranada DO dan diakhiri dengan SI. Talempong diiringi oleh akor yang memainkanya sama dengan memainkan piano.


D. Musik Dayak :


Di daerah Dayak, tepatnya di Banjarmasin terdapat orkes karawitan khas Banjar. Instrumen musik terdiri atas; Rebab, Gender, Gambang, dan Suling (diagonal). Sedangkan untuk Suku Dayak sendiri memiliki instrumen berupa; Suling yang disebut Kledi/Keruri/Kedire, Kasapi/Sampek (semacam lute yang dipetik dengan tubuh dari kayu yang diberi pahatan yang indah), Gong yang disebut Tawak, dan ada dua Gendang besar dan kecil.


E. Musik Minahasa :


Alat musik yang khas adalah Kulintang. Kulintang adalah alat musik sejenis gambang atau Xilophone yang terbuat dari bilahan kayu dan satu perangkat terdiri dari terdiri atas 7 kulintang. Dimainkan dengan tangga nada diatonis. Alat musik lain yang digunakan adalah; Rebana, Gambus, dan Suling. Dalam permainannya kulintang dapat secara instrumental maupun untuk mengiringi nyanyian.


F. Musik Maluku :


Alat musik di Maluku sudah banyak yang hilang. Alat musik di Maluku antara lain; Arababu (Rebab) dengan resonator dari ketipung, Idiokordo yang di sebut tatabuhan, Gong, Korno (alat musik tiup) yang terbuat dari siput.


G. Musik NTT :



Photobucket

Sasando pada uang kertas Rp. 5.000,- emisi tahun 1992.


Sasando adalah sebuah alat instrumen musik petik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya. Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan-ganjalan di mana senar-senar (dawai-dawai) yang direntangkan di tabung, dari atas ke bawah bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda kepada setiap petikan senar. Lalu tabung sasando ini ditaruh dalam sebuah wadah yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang dibuat seperti kipas. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando.




H. Musik Papua :


Musik papua lebih banyak mendapat pengaruh dari Maluku. Namun Instrumennya yang khas adalah Tifa.





fy; tab-stops: 27.0pt 117.0pt 126.0pt;">