www.gitaralfian.co.cc »

Rabu, 27 Agustus 2008

Materi 18

 


B. Piano


               Selain sebagai nama dinamik lagu, Piano juga merupakan sebuah nama instrumen musik. Instrumen piano sendiri disempurnakan oleh Bartolomeo Christofori dari Padua, Italia pada tahun 1720. Pada masa Christofori, piano di juluki Grave cembalo col piano e forte yang artinya harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras.


               Secara jenisnya, piano dibedakan menjadi, Grand Piano dan Upright Piano.







Photobucket


Grand Piano

Photobucket


Upright Piano


Namun mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat, instrumen piano sudah berkembang menjadi keyboard.


Photobucket


Keyboard


 


            Keyboard (bhs. Ind : kibor) adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya kibor bisa memainkan beragam suara, seperti terompet, flute, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Dan kibor juga bisa bermain layaknya sebuah band. Kibor, juga bisa dimainkan seperti bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.


               Jangkauan nada-nada dalam piano lebih luas dari pada gitar. Untuk piano besar, yang memiliki 88 tuts jangkauan nadanya sekitar 7 – 8 oktaf. Sama seperti pianika, piano terdiri atas tuts-tuts putih dan hitam yang menghasilkan nada tertentu.


Photobucket


               Piano Dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan jari tangan kanan dan jari tangan kiri. Posisi jari tangan kanan harus lengkung seperti memegang bola. Telapak tangan tidak boleh mengenai siku-siku.


Photobucket