www.gitaralfian.co.cc »

Rabu, 27 Agustus 2008

Materi 16

III. KREASI MUSIK


 


               Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata Aransemen didefinisikan sebagai berikut.



  1. Penyesuaian komposisi musik dengan suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya telah berubah.

  2. Usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekedar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya.



Sedangkan dari kamus istilah musik, Aransemen diartikan sebagai hasil gubahan atau membubuhi iringan pada lagu.


               Berdasarkan definisi-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa Aransemen adalah, kegiatan membuat komposisi musik yang didasarkan pada komposisi musik yang telah ada sebelumnya. Pada kegiatan ini, penata musik (arranger) tidak mengubah komposisi melodi utamanya, melainkan menyusun dan memasukkan unsur-unsur tertentu seperti penambahan Harmoni, Irama, dan gaya ke dalam melodi lagu tersebut. Juga dapat menambahkan jenis alat musik tertentu kedalam melodi lagu agar mendapatkan kualitas artistik yang lebih dari komposisi sebelumnya.


               Dalam kegiatan aransemen, komposisi musik yang dibuat dapat menyangkut komposisi musik vokal atau komposisi musik untuk permainan alat musik.  Untuk musik vokal, arranger dapat menyusun komposisi musik dari satu melodi asli yang di bentuk / ditambahkan menjadi dua bahkan sampai enam suara.


               Untuk permainan alat musik, biasanya arranger dapat menggubah komposisi musik untuk sajian musik solo atau musik ansambel. Misal, musik solo instrumen di gubah menjadi bentuk musik band atau musik orkestra.


Memainkan Instrumen Musik


               Kegiatan membuat aransemen musik tentu sangat terbantu apabila seorang arranger juga memiliki kemampuan memainkan alat musik. Dengan memainkan alat musik, seorang arranger akan lebih mudah mendapatkan bentuk harmoni lagu dan ide lagu yang akan diarransemennya. Instrumen musik yang setidaknya akan membantu dalam pengembangan arransemen dan akan dipelajari dalam bab ini adalah instrumen gitar, piano dan alat musik ritmis.